MOBILE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN
Oleh: Rina Malia Candra
Pada era Teknolgi Informasi yang merambah dunia pembelajaran, pendekatan-pendekatan serta model pembelajaran yang mempermudah peserta didik maupun pendidik mulai dikembangkan. Setelah muncul konsep dan pengembangan pembelajaran multimedia kemudian berkembang pembelajarn mobile. Dalam kondisi ini berarti telah terjadi pergeseran makna terbaru dari konsep multimedia yang sudah mulai tergantikan dengan konsep mobile. Konsep pembelajaran tersebut dikenal dengan Mobile-Learning atau m-Learning.
Mobile Learning adalah satu bentuk pembelajaran yang menggunakan teknologi mudah alih atau di tempat di mana infrastrukturnya membolehkan penggunaan teknologi tanpa kabel serta memfokuskan kepada penghayatan kandungan pembelajaran melalui peralatan elektronik mudah alih (Saedah Siraj, 2002,2004) Mobile-Learning merupakan pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang dikenali sebagai pembelajaran melalui peralatan komputer. Mobile-Learning ialah kemampuan menerima pembelajaran pada setiap waktu, di man puna, dan dengan apa pun peralatan yang dimilki. Pembelajaran mobile (m-learning) mengacu pada penggunaan perangkat mobile dan handheld TI, seperti Personal Digital Assistant (PDA), telepon seluler, laptop dan teknologi tablet PC, dalam pengajaran dan pembelajaran.
Mobile Learning, atau M-Learning, memiliki arti yang berbeda untuk pengguna yang berbeda. Mobile belajar adalah bagian dari e-learning, yang sendiri merupakan bagian dari pendidikan, dan memiliki fokus yang berbeda pada pembelajaran melalui penggunaan perangkat yang dapat mudah dibawa.
M-Learning, atau "pembelajaran bergerak", memiliki arti yang berbeda untuk komunitas yang berbeda. Meski terkait dengan e-learning dan pendidikan jarak jauh, itu berbeda dalam fokus pada pembelajaran seluruh konteks dan pembelajaran dengan perangkat mobile. Salah satu definisi pembelajaran mobile adalah setiap jenis pembelajaran yang terjadi ketika pelajar tersebut tidak di lokasi, atau pembelajaran yang terjadi ketika pelajar mengambil keuntungan dari kesempatan belajar yang ditawarkan oleh teknologi mobile. Dengan kata lain Mobile-Learning mengurangi keterbatasan lokasi belajar dengan mobilitas perangkat portable umum.Pembelajaran Mobile adalah satu bentuk pembelajaran yang tidak terikat kepada tempat dan masa. Peralatan teknologi mudah alih yang berukuran lebih kecil seperti PDA (Personal Digital Assistant), Compaq iPaq, laptop, wireless screenphone HS21O. smart phone R380 dan sebagainya digunakan sebagai alat pengajaran dan pembelajaran bagi menyampaikan dan mendapatkan informasi. Mobile-Learning juga membawa portabilitas yang kuat dengan mengganti buku dan catatan dengan RAM kecil, penuh dengan isi pembelajaran disesuaikan.
Selain itu, memanfaatkan pembelajaran bergerak memberikan pengalaman yang lebih efektif dan menghibur. Kebanyakan perangkat mobile berguna dalam bidang pendidikan sebagai administrasi, organisasi dan alat peraga bagi para praktisi, serta sebagai pembelajaran alat dukungan untuk pelajar.
Berikut adalah beberapa manfaat utama Mobile-Learning :
a. Pelajar dapat berinteraksi satu sama lain danan praktis, bukan bersembunyi terus di balik monitor.
- Ini jauh lebih mudah mengakomodasi beberapa perangkat selular di dalam kelas daripada beberapa komputer desktop.
- PDA atau tablet PC mengadakan catatan dan e-book lebih ringan dan kurang besar dibandingkan tas penuh file, makalah dan buku teks, atau bahkan laptop.
- Tulisan tangan dengan stylus pen lebih intuitif daripada menggunakan keyboard dan mouse.
- Memudahkan untuk berbagi tugas dan bekerja sama antar pelajar dan para praktisi mengirim e-email, cut, copy dan menyisipkan teks, melewati perangkat sekitar grup, kerja sama lain menggunakan fungsi infra merah dari PDA atau network nirkabel seperti Bluetooth.
- Perangkat Mobile dapat digunakan di mana saja, kapan saja, termasuk di rumah, pada kereta, di hotel ini sangat berharga bagi pelatihan kerja berbasis.
- Perangkat ini melibatkan pembelajar, orang muda yang mungkin telah kehilangan minat pendidikan. Seperti ponsel, gadget dan perangkat permainan seperti Nintendo DS atau PlayStation Portable.Teknologi ini dapat berkontribusi untuk memerangi kesenjangan digital, sebagai peralatan ini (untuk PDA misalnya) umumnya lebih murah daripada komputer desktop.
Mobile-Learning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kapanpun dan dimanapun. Hal ini akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi persuasif dan dapat mendorong motivasi pembelajar kepada pembelajaran sepanjang hayat (lifelong) learning). Selain itu, dibandingkan pembelajaran konvensional, mobile-Learning memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi dan berinteraksi secara informal diantara pembelajar.
Mobile Learning mungkin akan sangat berguna memperkaya pengalaman belajar. Hal ini secara luas diyakini bahwa pembelajaran mobile dapat menjadi faktor besar dalam mendapatkan kepuasan orang dewasa muda untuk melakukan pembelajaran, di mana metode yang lebih tradisional tidak berhasil. Sebagai ponsel menggabungkan fungsi PDA dengan kamera, video dan MP3 player, tablet dan menggabungkan portabilitas PDA dengan fungsi desktop, dunia belajar menjadi lebih mobile, lebih fleksibel dan lebih menarik..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar